Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Kampung Cau 28

Kampung Cau 28
Rajanya Toping, Lumer di Mulut, Kenyal di Perut

PENGANTAR TATA KELOLA SI TI

Tata kelola SI (Sistem Informasi) dan tata kelola TI (Teknologi Informasi) adalah dua konsep yang terkait tetapi memiliki perbedaan dalam fokus dan ca
onesmart

PENGANTAR TATA KELOLA SI/TI

PENGANTAR TATA KELOLA SI TI


A.    TATA KELOLA SI VS TATA KELOLA TI

Websba  - Tata kelola SI (Sistem Informasi) dan tata kelola TI (Teknologi Informasi) adalah dua konsep yang terkait tetapi memiliki perbedaan dalam fokus dan cakupannya. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:

 

1.      Fokus Utama

Tata Kelola SI: Tata kelola SI adalah mengelola sistem informasi dalam suatu organisasi, mencakup aspek-aspek seperti pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, dan distribusi data dan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi tersebut untuk mencapai tujuan bisnisnya.

Tata Kelola TI: Tata kelola TI lebih luas dalam cakupannya, mencakup pengelolaan seluruh teknologi informasi dalam organisasi, termasuk perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, infrastruktur, serta sistem informasi. Fokusnya lebih pada infrastruktur teknologi secara keseluruhan.

 

2.      Tujuan dan Manfaat

Tata Kelola SI: Tata kelola SI bertujuan untuk memastikan bahwa informasi yang digunakan dalam proses bisnis tersedia, akurat, dan aman. Manfaatnya termasuk peningkatan efisiensi operasional, pengambilan keputusan yang lebih baik, dan kepatuhan terhadap regulasi.

Tata Kelola TI: Tata kelola TI bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh teknologi informasi mendukung tujuan organisasi dan dielola dengan baik. Ini melibatkan aspek-aspek seperti keamanan data, manajemen risiko TI, pengembangan strategi TI, dan penyediaan layanan TI yang dapat mendukung operasi organisasi secara keseluruhan.

 

3.      Pemangku Kepentingan

Tata Kelola SI: Pemangku kepentingan tata kelola SI adalah mereka yang terlibat dalam penggunaan informasi dalam konteks bisnis, seperti manajemen senior, departemen fungsional, dan pengguna akhir.

Tata Kelola TI: Pemangku kepentingan tata kelola TI mencakup seluruh organisasi, termasuk manajemen senior, kepala departemen TI, dan departemen lain yang bergantung pada teknologi informasi.

 

4.      Proses dan Kerangka Kerja:

Tata Kelola SI: Tata kelola SI dapat menggunakan berbagai kerangka kerja, seperti COBIT (Control Objectives for Information and Related Technologies) atau ITIL (Information Technology Infrastructure Library), yang dirancang khusus untuk mengelola sistem informasi.

Tata Kelola TI: Tata kelola TI lebih luas dan seringkali mencakup tata kelola SI sebagai salah satu komponennya. COBIT juga dapat digunakan untuk tata kelola TI secara keseluruhan.

 

5.      Pendekatan Terhadap Teknologi

Tata Kelola SI: Pendekatan tata kelola SI cenderung lebih fokus pada pengelolaan data dan informasi, serta aplikasi yang mendukung operasi bisnis.

Tata Kelola TI: Tata kelola TI mencakup perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, dan infrastruktur teknologi secara keseluruhan, termasuk pengelolaan siklus hidup teknologi.

 

Tata kelola SI dan tata kelola TI adalah dua konsep yang saling terkait. Mereka bekerja bersama untuk mendukung keberhasilan organisasi dalam mengelola teknologi informasi dan informasi bisnis. Dalam praktiknya, organisasi seringkali harus memastikan bahwa keduanya terintegrasi dengan baik untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih besar.

 

B.    TATA KELOLA TI

PERLUNYA TATA KELOLA TI

  •   TI perlu investasi mahal
  •   Penggunaan TI di organisasi meluas 
  •  TI memberi peluang dan ancaman
  •   Perusahaan memiliki cara berbeda dalam tata Kelola TI

Jadi, diperlukan tata Kelola TI.

GCG (GOOD CORPORATE GOVERNANCE)

Kaidah, norma, pedoman: digunakan pimpinan dan karyawan agar tindakan dan keputusan dilakukan untuk mendukung perusahaan. Seluruh manajemen wajib mematuhi dan melaksanakan pedoman.

IT Governance pilar utama GCG. Jadi, perlu standar tata kelola TI internasional yang diterima secara luas dan teruji.

Contoh: ISO, COBIT, ITIL.

DOMAIN TATA KELOLA TI

1.Value Delivery

Memastikan TI memberi manfaat yang dijanjikan terhadap strategi dan pengoptimalan bia

2. Strategic Alignment

Menyelaraskan operasi TI dengan operasi perusahaa

3. Performance Management

Mengamati kinerja proses, penyelesaian proyek

4. Resource Management

Mengelola sumber daya TI dengan investasi optimal

5. Risk Management

Menanamkan tanggung jawab manajemen risiko dalam tim

TUJUAN AKHIR

  • Mendapat kepercayaan stakeholder: TOP, MIDDLE, LOWER.
  • Investasi TI memperoleh hasil lebih baik dalam bidang sistem teknologi dan informasi.
  • Perusahaan mengelola risiko TI secara efektif.
  • Mematuhi regulasi pemerintah: UU ITE, OJK
  • Memastikan kegiatan terkait informasi dan teknologi relevan dengan tujuan bisnis.


C.    JENIS PANDUAN



PERBEDAAN

q  Standard

Harus dijalankan semua, tidak boleh dikurangi (bersifat mengikat).

q  Framework

Boleh dipakai Sebagian (tidak mengikat)

q  Best Practice

Contoh yang sudah diterapkan organisasi lain

 

D.    STANDARD: ISO

Acuan harus dipenuhi secara keseluruhan untuk menjalankan sesuatu. Jika sesuai, memperoleh sertifikat kelulusan dan penerapan.

 


INTERNATIONAL ORGANIZATION FOR STANDARDIZATION (ISO)

Badan non-pemerintah, lebih dari 160 negara, mengembangkan standar untuk mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.

q  ISO 9000: prinsip manajemen kualitas

q  ISO 9001: kualitas dan biaya, cara kreatif, peningkatan dan keberlanjutan.

q  ISO/IEC 17025: lembaga pengujian (laboratorium).

q  ISO 28000: persyaratan sistem manajemen keamanan untuk rantai pasok.

q  ISO 50001: sistem manajemen energi.

q  ISO 14001: kinerja lingkungan dan efisiensi operasional.

q  ISO 22000: sistem manajemen keamanan pangan.

q  ISO/IEC 27001: spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi.

q  ISO TS 16949: produksi komponen, rakitan, dan suku cadang untuk pasokan ke industri otomotif.

 

E.    FRAMEWORK: COBIT

FRAMEWORK?

Struktur untuk memandu pembangunan sesuatu. COBIT (Control Objectives for Information and Related Technologies) adalah suatu kerangka kerja yang digunakan dalam manajemen TI untuk membantu organisasi dalam mengelola dan mengendalikan teknologi informasi. Ada beberapa versi COBIT yang telah dirilis:

 

1.      COBIT 1st Edition (COBIT 1996): Ini adalah versi asli COBIT yang diperkenalkan pada tahun 1996. Ini adalah kerangka kerja awal untuk pengendalian dan manajemen teknologi informasi.

2.      COBIT 3rd Edition (COBIT 3.0): Versi ini dirilis pada tahun 2000 dan diperbarui beberapa kali selama masa penerbitannya. COBIT 4.0: Ini adalah versi berikutnya yang diperkenalkan pada tahun 2005.

3.      COBIT 4.1: Ini adalah pembaruan dari COBIT 4.0 dan dirilis pada tahun 2007.

4.      COBIT 5: Versi ini dirilis pada tahun 2012 dan merupakan pembaruan besar yang lebih terintegrasi antara manajemen TI dan manajemen bisnis.

5.      COBIT 2019: Ini adalah versi terbaru yang dirilis pada tahun 2018, juga dikenal sebagai COBIT 2019 Framework. Ini mengintegrasikan konsep manajemen risiko dan manajemen kinerja organisasi.

Berikut adalah perbedaan utama antara ketiganya:

1.      COBIT 4.1

a.       Rilis Tahun: COBIT 4.1 adalah versi COBIT yang pertama kali dirilis pada tahun 2007.

b.      Fokus Utama: Versi ini lebih berfokus pada kontrol dan audit TI serta memberikan panduan yang kuat untuk manajemen TI yang efektif.

c.       Struktur: COBIT 4.1 memiliki empat domain utama (Plan and Organize, Acquire and Implement, Deliver and Support, Monitor and Evaluate) yang terdiri dari sejumlah proses TI yang harus dijalankan oleh organisasi.

d.      Kritik: Salah satu kritik terhadap COBIT 4.1 adalah kurangnya integrasi dengan kerangka kerja lain, seperti ITIL.

 

2.      COBIT 5

a.       Rilis Tahun: COBIT 5 dirilis pada tahun 2012.

b.      Fokus Utama: Versi ini lebih fokus pada integrasi antara manajemen TI dan manajemen bisnis. COBIT 5 menekankan pentingnya TI sebagai alat yang mendukung pencapaian tujuan bisnis.

c.       Struktur: COBIT 5 memiliki lima prinsip dasar (memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan (stakeholder), mencakup organisasi secara menyeluruh (end-to-end), menerapkan satu framework tunggal yang terpadu, memungkinkan pendekatan yang holistik, dan memisahkan tata kelola dengan manajemen).

d.      Integrasi: COBIT 5 dirancang untuk lebih mudah diintegrasikan dengan kerangka kerja lain seperti ITIL, TOGAF, dan ISO 27001.

 

3.      COBIT 2019

a.       Rilis Tahun: COBIT 2019, juga dikenal sebagai COBIT 2019 Framework, dirilis pada tahun 2018.

b.      Fokus Utama: Versi ini terus mengejar integrasi antara manajemen TI dan manajemen bisnis. COBIT 2019 memperkenalkan konsep "Governance System" yang bertujuan untuk membantu organisasi mencapai tujuan bisnisnya melalui manajemen TI yang efektif.

c.       Struktur: COBIT 2019 memiliki delapan komponen inti (Management Principles, Framework Components, Implementation Guidance, Process Model, Information Framework, Tools and Templates, Reference Models, dan Documentary Guidance).

d.      Fleksibilitas: Salah satu fitur kunci dari COBIT 2019 adalah fleksibilitasnya yang lebih besar dalam menyesuaikan kerangka kerja dengan kebutuhan unik organisasi.

 

Diantara penggunaan COBIT 4.1, COBIT 5, dan COBIT 2019 akan tergantung pada tujuan, kebutuhan, dan konteks organisasi. COBIT 2019 adalah versi yang lebih baru dan fleksibel, tetapi organisasi yang masih menggunakan versi sebelumnya mungkin memilih untuk tetap pada versi lama karena alasan tertentu. Penting untuk memahami bahwa COBIT terus berkembang, jadi penting untuk tetap memantau pembaruan dan memilih versi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

F.     FRAMEWORK: ITIL

ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah suatu kerangka kerja terkemuka yang digunakan untuk mengelola layanan teknologi informasi (TI) dan sistem informasi (SI) dalam suatu organisasi. ITIL membantu organisasi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas layanan TI/SI mereka.

DOMAIN ITIL

q  Service management

Nilai, peran, proses, dan komponen untuk mengelola layanan TI dengan sukses.

q  Service value chain

Nilai yang diciptakan melalui aktivitas perencanaan, pengembangan, pengiriman, dan dukungan layanan.

q  General management practices

Manajemen keuangan, manajemen risiko, manajemen kebijakan.

q  Service management practices

Manajemen perubahan, manajemen incident, manajemen permintaan,

q  Technical management practices

Manajemen infrastruktur, manajemen aplikasi, manajemen data,

 

G.    COBIT VS ITIL

1. LINGKUP

COBIT

Pengelolaan risiko, pengendalian, audit, manajemen portofolio, perencanaan strategis. COBIT berusaha menjadi framework yang digunakan berbagai pihak (manajemen tingkat atas, pengendalian internal, dan pemilik bisnis).

ITIL

Manajemen perubahan, manajemen incident, manajemen kapasitas, manajemen level layanan. ITIL ditujukan untuk profesional TI yang terlibat dalam penyediaan dan dukungan layanan.

2. TUJUAN

COBIT

Meningkatkan pengendalian dan pengelolaan TI untuk mencapai tujuan bisnis dan mengurangi risiko.

ITIL

Meningkatkan efisiensi, kualitas, dan penyediaan layanan TI untuk mendukung kebutuhan bisnis.

3. INTEGRASI

COBIT

Dapat diintegrasikan dengan kerangka kerja lain untuk mencapai tujuan lebih luas.

ITIL

Dapat diintegrasikan dengan kerangka kerja lain tetapi fokus utama pada manajemen layanan TI.

 

H.    BEST PRACTICE

Penerapan sesuatu di beberapa organisasi yang berhasil. Dapat diadopsi oleh organisasi lainnya.

IT GOVERNANCE VS IT MANAGEMENT

IT Governance

Direksi menetapkan strategi TI yang digunakan dalam Perusahaan (Tunggal atau gabungan framework).

IT Management

Manajemen menerjemahkan strategi TI ke berbagai Langkah atau kegiatan yang dijalankan oleh semua bagian.

 

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.